Sarapan Oat yuk,,

Apa sih oat itu? Oat adalah biji gandum yg kaya serat, rendah kolesterol, dan rendah lemak tak sehat. Bisa membantu untuk diet bagi penderita kolesterol tinggi, asalkan diimbangi juga sama pola hidup sehat ya. Jenis oat ada macam-macam. Ada yg full sama kulitnya, tanpa kulit, sudah diolah, dll.

 

Sebetulnya aku sudah lama sarapan pake oat (aku pakai Quaker Instant Oatmeal), karena ikut ayah yg punya faktor resiko penyakit jantung. Sarapan oat itu bikin kenyang dan bertahan kira-kira sampai 4 jam. Campurannya biasa aja kok, ikuti prosedurnya:

4 sendok makan oat + air panas = aduk sampai oat jadi kental. Kalau mau encer, ya tambahin aja air panasnya. Aku biasanya jg menambahkan 1 sachet gula Tropicana Slim, bisa jg pakai gula pasir biasa. Yg pasti, jangan kebanyakan gula ya, inti dr sarapan oat kan untuk diet.

 

Buat yg pertama kali coba oat resep tradisional seperti di atas itu, pasti bakal ngerasa eneg, sepet, atau mungkin nggak ada rasanya. Padahal bisa jg lho setelah resep tradisional itu jadi, oat ditambah susu cair juga supaya ada rasa coklat atau vanilla-nya. Nah, aku malah nggak pernah nambahin gula ke susu coklat, jadi rasanya benar-benar coklat :)

 

Setelah 5 tahun sarapan seperti itu, baru kemarin aku mencari-cari resep mengolah oat, baik yg untuk dimakan seperti bubur atau dibuat cookies. Ternyata oat bisa dicampur dengan buah segar atau buah kering, bisa jg pakai daging, bumbu-bumbu, dll. Untuk lengkapnya bisa Googling ya, tapi menurutku lebih lengkap di: www.foodnetwork.com karena ini website yg isinya banyaaaak banget jenis masakan dan makanannya. Memang dari  luar negeri, jadi mungkin ada beberapa bahan yg nggak ada di Indonesia.

 

Karena keterbatasan dana sebagai anak kos perantauan, hehe, aku belum bisa cobain semua resep itu. Jadi aku beli saja buah-buah segar yg sekiranya ada di swalayan, seperti strawberry dan kiwi.

 Image

Jadi, oat-ku pagi ini terasa manis dan asam tapi segar banget! Boleh dicoba kaka’ sarapan sehatnya…. :) 

 Image

 

2 thoughts on “Sarapan Oat yuk,,

  1. Kak aku br coba nih pake oatmeal. Tapi kok encer banget yak trus gak kental walopun uda diaduk lama. Padahal airnya sesuai takaran yg d kemasan. Yg bener airnya seberapa?

    • Aku nggak pernah ikut takaran, hehe.. biasanya untuk sarapan 4 sendok makan full oat meal + air panas sampai oatmealnya terendam semua, plus lebihkan kira2 1 cm di atas oatmeal.. itu jadinya bisa kental banget ya, tp nanti kalau kamu suka, setelah oatmeal matang, kamu tambahin susu cair bisa vanilla atau coklat :) selamat sarapan sehat..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s