Sariayu dan Mustika Ratu

Bisa dipastikan hampir semua perempuan Indonesia pakai kosmetik, ada yg ke dokter kulit dan klinik kecantikan, ada yg pakai produk luar negeri yg mahalnya minta ampun (untuk dompet anak kos perantau seperti aku), ada yg pakai produk dalam negeri, atau mungkin ada yg masih pakai bahan-bahan alami seperti buah dan sayuran yg diblender dll ? Ya itu terserah tiap individu ya, tapi berhubung aku sudah pernah coba ke dokter kulit dan klinik kecantikan yg macam-macam itu, banyak banget pelajaran yg bisa diambil: kulitku sensitif terhadap ramuan yg terbilang keras itu. Memang klinik satu dengan yg lain efeknya nggak sama, ada yg lambat ada yg cepat. Untuk yg lambat itu justru bikin kulitku kering dan kusam. Kalau yg cepat meskipun mukaku cepat bersih, tapi jadi merah-merah di sekitar hidung dan dagu. Selain itu, tahukah kamu apalagi hal yg kutemukan? Uang jajan bulananku terpotong  sekitar 20-30 %, itu baru krim muka nya saja lho, belum facial dermabration dan biaya konsultasi dokter kulitnya. Lalu, apa yg kulakukan untuk menyelamatkan dompet dan mukaku ? Aku browsing tentang produk asli Indonesia yg sudah mendapat pengakuan dari Internasional, hasilnya ada 2 : Sariayu dan Mustika Ratu.

Terus, apa pertimbanganku untuk lebih memilih Sariayu daripada Mustika Ratu? Aku ngga dibayar sepeserpun ya, murni ini cuma review dan opiniku, tp kalau diminta endorse aku mau :p   Karena kasus utamaku adalah jerawat dan komedo, aku klik lah link 2 brand besar itu, mereka sama-sama punya perawatan untuk antijerawat, tapi yg kulihat lebih lengkap Sariayu, mulai dari krim pagi, malam, sampai kapletnya juga ada. Tapi tetep untuk beberapa produk yg aku sudah pakai dari lama, tetap aku pakai yg dari Mustika Ratu Nih, penampakannya:

IMG_4197

Oiya, beberapa waktu kemudian setelah foto itu, aku ada beli lagi produk yg lainnya:

IMG_4224

Oke, aku jelaskan ya:

  1. Pembersih Jeruk,Well, sama seperti pemberih merk lainnya, dengan konsistensi seperti susu kental manis, benar-benar mengangkat semua kotoran dan sisa kosmetik. Aku pakai juga untuk membersihkan eyeliner dan maskara, tentu harus hati-hati, karena kalau kena mata pasti perih. Hasilnya? Bersih :) Pembersih ini ada dalam 2 ukuran, besar dan kecil, yg besar kutaruh di kamar untuk digunakan di rumah saja. Yg kecil kutaruh di tempat penyimpanan untuk travelling.
  2. Penyegar Jeruk, Seperti yg diucapkan brand ambassadornya Sariayu (aku lupa namanya), cara pakai penyegar yakni dituang ke kapas, lalu kapasnya ditepuk-tepukkan ke muka, bukan diusap-usap seperti pembersih. Hasilnya? muka  jadi segar. Dan aku coba untuk nggak langsung mandi, hasilnya muka tetap kering nggak berminyak, tapi juga nggak kering kerontang gitu. Tersedia dalam 2 ukuran juga, besar dan kecil.
  3. Pembersih White Aromatic, Aku pilih yg untuk kulit normal-berminyak (sediaan botol warna biru). Biasa kupakai saat di kampus dan jam kuliah padat, keringetan, nggak sempat cuci muka, maka andalanku adalah pembersih ini. Memang sih kemana-mana jadi harus bawa kapas, tapi tissue juga bisa asal seratnya nggak ada yg ketinggalan di muka. Hasilnya? Muka jadi bersih dan dingin. Tersedia dalam 2 ukuran juga, bessar dan kecil.
  4. Pelembap Jeruk, Konsistensinya encer, nggak lengket, dan wangi. Biasanya kupakai sebelum beraktivitas di luar ruangan, cukup keluarkan sebesar biji jagung  dan kutunggu sampai cukup kering sebelum kutaburi bedak. Hasilnya? Mukaku nggak terlalu berminyak kalau lagi di ruangan non-AC, paling nggak hanya di bagian T muka (dahi dan hidung), kalau lagi di ruangan berAC mukaku nggak kering. Selain itu di botolonya cuma tertulis ada tabir surya, tapi setelah tanya SPG Sariayu itu mengandung SPF 15, ya SPF minimal produk kecantiikan sih sebenarnya. Hasilnya? Komedo di hidung berkurang banyak. Tapi memang belum signifikan untuk mencerahkan kulit sawo matangku.
  5. Acne Care Facial Foam, Sabun cuci muka dalam sediaan tube ini lebih praktis untuk dibawa keluar kota. Mau dipakai di rumah juga bisa sih. Efektif mengangkat kotoran dan sisa kosmetik. Wanginya juga enak, busanya banyak dan lembut. Hasilnya? Kulit muka jadi lebih bersih dan kesat tapi nggak kering.
  6. Sabun Muka Anti Jerawat, Di foto itu bentuknya sudah mulus karena sering dipakai dan terkena air, hehehe.. Tahu nggak sih?? Harga sabun muka yg batang itu lebih mahal daripada Acne Care Facial Foam! Aku nggak ngerti kenapa, tapi selisih seribu-dua ribu gitu. Memang sih sabun batangnya lebih bau rempah-rempah, ada scrubnya, dan lebih awet karena konsistensi sabunnya yg padat. Mungkin karena lebih banyak rempah sehingga efek membasmi jerawatnya lebih besar kali ya. Hasilnya? sama dengan yg foam.
  7. Sabun Badan Mangir, Aku tergoda pakai sabun ini saat di counter Sariayu mereka diletakkan bersebelahan, hehehe… Biasanya aku pakai sabun badan andalanku dulu untuk membersihkan semua kotoran di tubuh, pakai shower puff juga biar makin bersih dan dakinya terangkat, kemudian bilas. Setelah itu baru deh pakai Sabun Badan Mangir, wanginyaaaaaaa rempah Indonesia sekali, dan kudiamkan beberapa saat supaya lebih meresap (meskipun di petunjuk penggunaan nggak ada disuruh diamkan beberapa saat). Hasilnya? Beberapa temanku bilang aku semakin cerah. Ihik, malu deh :) secara agak sulit ya membuat warna kulitku ini lebih cerah dari biasanya.
  8. Krem Malam Whitening, Sebetulnya ini kesalahan ya aku beli produk whitening, soalnya sempat stress karena mukaku semakin gelap akibat sering main panas-panasan di luar ruangan. Aku tanya sama penjual gerai (bukan counter Sariayu, cuma toko kosmetik lepasan) apa ada krem malam untuk jerawat karena lihat di website Sariayu tersedia yg begitu, eh dibilang nggak ada, adanya cuma yg whitening. Ah bego juga aku beli :( Belum terlihat hasilnya, secara aku nggak pakai. hehehe…
  9. Krem Malam Jeruk, Keesokan harinya aku ke counter Sariayu dan “curhat” sama SPG nya, ditawarkanlah Krem Malam Jeruk memang untuk perawatan jerawat, dan aku dilarang pakai produk pemutih apapun karena lagi konsentrasi membesihkan jerawat. Memang agak berminyak saat diaplikasikan ke muka, tapi ya usahakan dipakai di rumah saja karena kamu pasti nggak mau debu-debu jalanan menempel di muka (lagi). Hasilnya? Keesokan paginya mukaku fresh, nggak berminyak.
  10. Lotion Jerawat, Lotion ini bukan seperti lotion tangan, konsistensinya encer dengan zat pencampur berwarna pink dan zat sulfur berwarna kuning. Diaplikasikan di jerawat kecil yg bukan jenis jerawat besar dan matang. Memberi efek dingin di muka. Hasilnya? Jerawat kecil segera mengempes (nggak langsung hilang) jadi besok malamnya diulang lagi. Oiya, pakai malam hari saja ya, atau pas lagi di rumah soalnya lotion ini akan bikin muka jadi totol-totol warna kuning.
  11. Mujizat Jerawat, Atau dikenal dengan Intensive Acne Care. Digunakan untuk jerawat besar dan meradang. Juga memberikan efek dingin. Dan sebaiknya juga dipakai saat malam hari. Hasilnya? Keesokan paginya, dijamin jerawat besarmu itu langsung matang, kalau diolesin ke jerawat matang maka keesokan paginya akan kering. Efeknya terbilang cepat lho, karena kandungan sulfur dan bahan alami lainnya yg lebih banyak dan kental. Sediaan yg ada di pasaran hanya botol kaca kecil dengan mulut botol yg lebar, itu yg bikin mudah tumpah kalau nggak sengaja kesenggol saat lagi dipakai.
  12. Bedak Jerawat, Aku nggak tau tersedia warna apa saja untuk Bedak Jerawat ini, tapi saat dipakai terasa lembuuuuuuuut sekali, warnanya terbilang coklat tapi kan mukaku sawo matang jadi nggak kelihatan banget sih pakai bedak apa nggak. Oiya, bedak ini bedak tabur, dan memang disarankan untuk orang yg berjerawat untuk nggak pakai bedak padat.
  13. Facial Scrub Jeruk, Wanginya jeruk banget, scrubnya halus, tapi terhitung cepat kering jadi kalau lagi asik-asiknya ngusap-ngusap muka mendadak tersendat karena scrubnya udah kering, jadi terasa nggak efektif scrubnya untuk mengangkat sel-sel kulit yg sudah mati. Hasilnya? meskipun cepat kering, tapi membuat kulit jadi lebih cerah lho. Selain itu juga membuat komedo lebih mudah diangkat, misalnya komedo di hidung tinggal diusap aja pakai kapas bersih.
  14. Facial Mask Jeruk, Sama seperti masker lainnya, nggak ada perbedaan signifikan tentang cara penggunaan, hanya wangi jeruk yg menonjol. Hasilnya? Muka jadi lebih cerah, terasa bersih, dan nggak berminyak.
  15. Facial Mask Jerawat, Kalau muka lagi penuh sama jerawat, ini andalanku. Tersedia dalam bentuk tube dan sachet. Kalau yg bentuk tube itu langsung masker kental gitu, lebih praktis sih untuk keluar kota daripada bawa yg sachet. Kalau yg sachet masih harus dicampur sama air biasa atau Air Sari Mawar Putih. Tahukah kamu? Harga masker yg sachet lebih mahal daripada yg tube. Ya itu sudah diperhitungkan tentang gram dan harga kalibrasinya, perhitunganku: lebih mahal yg sachet. Kenapa ya? Apa karena yg sachet itu ramuannya lebih banyak? Soalnya saat dicampur dengan air, bubuk masker itu akan mengental jadi warna hijau tua kecoklatan, beda sama masker yg tube berwarna coklat kekuningan. Hasilnya? Lebih terlihat efek masker yg sachet daripada yg tube: muka bersih, kesat dan nggak berminyak, jerawat cepat matang dan mengempes.
  16. Tissue Sirih Wangi, Ini andalanku kalau ke kamar mandi atau toilet. Secara aku termasuk orang yg available sebagai pengguna toilet umum jadi harus selalu menjaga kebersihan. Kalau nggak ada tisu kering dan air yg bersih, aku pakai tisu ini. Tissue Sirih Wangi memang diciptakan khusus untuk daerah kewanitaan, jadi aman, nggak ada alkoholnya. Hasilnya? Ya coba aja sendiri, hehehe…
  17. Tonik Mayang Sari, Ini penyubur rambut, soalnya aku lagi target buat manjangin rambut setelah kekacauan setahun yg lalu (salah mode potong rambut). Belum ada efek yg berarti secara aku keramas 2 hari sekali. Mungkin lebih cepat efeknya kalau dipakai setiap hari ya. Jadi penggunan tonik ini setelah keramas diusapkan ke kulit kepala, memberi efek dingiiiiiiiiiin banget!
  18. Kaplet Jerawat, Bisa dipastikan terdiri dari rempah dan ramuan alami karena baunya yg “alami” seperti jamu. Aku sempat rutin minum 2 kaplet pagi 2 kaplet malam selama seminggu lebih dan hasilnya mukaku lebih bersih dan jerawat berkurang. Tapi karena krisis dompet air galonku, terhentilah minum kaplet ini :( Berbagai faktor juga mencetuskan kembalinya jerawat di mukaku ini. Ihik :(
  19. Air Sari Mawar Putih, Aku pakai produk Mustika Ratu karena dari dulu pakai ini. Ya sebagai ramuan pencampur saja, lebih wangi dan membuat efek relaksasi.
  20. Peeling Mundisari, Aku juga pakai produk dari Mustika Ratu yg ini karena efek “lulur” muka lebih oke daripada Facial Scrub Jeruk sariayu.Dalam bentuk sachet sehingga harus dicampur dengan Air Sari Mawar Putih. Hasilnya? Muka lebih bersih dan berseri :)

 

Satu hal yg pasti tentang 2 merk yg kupakai: semua itu nggak sampai Rp 200.00 !  Yg perlu adalah ketekunan dan ketelatenan dalam membersihkan dan merawat muka dan tubuh. OIya, dari beberapa review yg kubaca, mereka mempermasalahkan bentuk botolnya Sariayu yg nggak terlalu elegan. Padahal sih bentuk botol yg kotak seperti itu simpel dan bisa muat banyak daripada bentuk macam-macam yg justru memakan tempat lebih benyak untuk penyimpanan.

 

Nah, sekian ya review kosmetik dari aku, mungkin bisa jadi referensi buat teman-teman pembaca blogku ini. Terimakasih :)

39 thoughts on “Sariayu dan Mustika Ratu

  1. Klo pengen Bekas jerawatnya cepet ilang pake SA yg apa ya sist?…
    Oh ya klo terlalu sering pakai masker jrwatx itu gk baik ya?

    • Kalo aku sih pake masker yg pencerahan, tp lupa apa Sariayu atau Mustika Rat ya, soalnya bahan2nya yg bengkoang gitu..
      Browsing2 sih masker bubuk gt jangan sampai terlalu kering di muka, cukup sampe menyerap aja

  2. aku pakai cream malam whiteningnya.. aku jg jerawatan produkku jg sariayu semua sist… tapi aku dibantu sama saleb penyembuh jerwat namanya Acne Zelface Cream 20%.. aku gunakan acne zelfacenya terlebih dahulu, tunggu 3 menit setelah meresap baru aku gunakan cream malam sari ayu… Creamnya wangi, pagi” muka gak minyak, bekas jerawat memudar, dan jerawat mulai lenyap.. Muka aku tergolong sangat sensitif.. creame yg 200RB aja gk bsa membantu, akhirnya pakai cream malam sari ayu cocok jg, dan sekarang ada perawatan tambahan air oxygen sari ayu.. jerawat pada kempes.. dicoba sist.. :)

    • Aku domisili sementara di Jember lho, di sini di toko2 kecantikan tersedia. Mungkin kalo main2 ke sini bisa cari, hhe.. kalo di Banyuwangi maaf aku kurang ngerti. Tp produk ini kan setipe dg produk2 kayak Venus dll, jd biasanya ada di toko kecantikan gitu

  3. kak aku kan pake masker jerawat yg tube nya nih. kok pas make masker, mukaku jadi perih? itu gimana kak? aman ga?

    • Aku juga ngerasain perih sm panas apalagi kl jerawatnya lg meradang/ada yg baru mau sembuh. Makenya tipis aja dulu mungkin ya, kl pake yg racikan dibanyakin airnya drpd bubuknya. Tp kl km ga nyaman, distop aja, bisa aja perih sm panas di kamu itu bukan krn jerawat tp alergi sm bahannya

    • Kl untuk nge cover nutupin jerawat, lumayan bisa.. tp mungkin bedak jerawat yg d maksud ya bedaknya ga bakal bikin jerawat /nambah jerawat d muka.
      Kl mau ilangin bekasnya, rajin2 peeling sm masker, tp maksimal 2x seminggu gt biar kulitnya gak iritasi :)

  4. aku pakenya anti acne facial foam + lotion nya , klo yg mujizat kecil itu cepet abis hehehe :D,, diimbangi pake minyak zaitun tiap malem sblom tdur :), smoga cepet baik lah wajah cantikku ini #plak :D

  5. Aku baru bbrp hari ini pakai skin care nya sariayu soalnya jerawat aku makin parah pdhl sdh bolak balik klinik kecantika lebih dari stahun tp hasilnya mengecewakan. Jd aq coba produk sariayu semoga cocok dmuka aku.

    • iya, dicoba yg intensive acne carenya aja dulu kalo malam sebelum tidur ya, kalo di aku hasilnya cepet kempes, sekarang sih rutin’in utk masker jerawat biar bekas2nya hilang :)
      semangaaat ~

  6. hay kak ah kok sama ya aku juga jerawatan karena kemaren pakek brand wardah sepertinya ga coocok setelah dipakek’in sariayu jerawatku lumayan hilang hihi tap cuma pakek mukzizat sama facial washnya aja.. apa harus pakek krem malemnya aku kan masih muda hihi 19 tahun

      • k umur saya 20th saya sering gonta’ganti produk perwtan muka supya g bemnyak n bersih/putih . Alhasil wajah bukanny bagus malah kusam berjerawat, komedo, bemnyak, pori: mmbsar di daerh muka T, keriput, sudh hampir ptus asa . mnta sran’y dong k produk sariayu apa yg harus saya pakai saat ini .

      • Kalo utk produk sariayu, ya yg anti oily series.. spt yg dr jeruk nipis itu.
        Komedo di hidung atau yg tertutup di pipi? Kl di hidung biasanya di pijit2 keluar,, biar keliatan bersih dan mengeluarkan lemaknya, aku pijit idung pakai kapas jd nggak tangan kosong gt aja, setelah itu kan cuci muka trus pakai masker antijerawatnya. Masker antijerawat dan produk antiacne series lainnya itu bagus utk jerawat yg merah, membesar, meradang gt.. jd harus bisa bedain ya jeraeat aktif atau ternyata komedo tertutup yg jadi jerawat batu.
        Utk kusamnya sih, kl aku banyakin minum air putih sm makan sayur sih, hehe..

Leave a Reply

